Apa Itu Micellar Water? Ini 5 Cara Memakainya sebagai Pembersih Wajah

Apa Itu Micellar Water? Ini 5 Cara Memakainya sebagai Pembersih Wajah

Indutri kosmetik yang berkembang pesat melahirkan beragam produk kecantikan yang inovatif. Salah satunya adalah produk Micellar Water. Nah, mungkin masih banyak di antara Anda yang belum paham tentang “makhluk” Micellar Water ini.

Bila Anda tidak paham tentang fungsi dari sebuah beauty product, tentu saja tak bisa memetik manfaatnya https://crystalcave-online.com/ untuk merawat kulit.

“Micellar water adalah soft water, namun berbeda dengan air mineral. Micellar water memiliki molekul kecil yang mengandung minyak,” jelas dokter kulit Loretta Ciraldo, M.D., FAAD.

Molekul-molekul kecil dari cleansing oil (minyak untuk membersihkan kulit wajah) yang menyatu dengan air membuat produk ini disebut Micellar Water. Di dalam ilmu kimia, zat ini disebut sebagai “micelles”.

Produk ini dapat membantu Anda membersihkan wajah. Air mampu mengangkat kotoran sementara kandungan minyak ampuh mengangkat waterproof makeup, menghilangkan sebum berlebih. Kandungan air mampu menghidrasi sementara partikel cleansing oil mampu mengkondisikan.

Apa Itu Micellar Water Ini 5 Cara Memakainya sebagai Pembersih Wajah

Melansir dari Mind Body Green, berikut ini 5 cara memakai micellar water untuk membersihkan kulit wajah.

Sebelum tidur, Anda wajib membersihkan kulit wajah dari segala jenis debu, kotoran dan makeup. Bahkan, walau seharian Anda tidak menggunakan makeup, membersihkan wajah di malam hari adalah sebuah keharusan! Ini lantaran, selama seharian kulit wajah akan bersentuhan dengan banyak faktor eksternal, mulai dari terekspos polusi, debu, atau sekresi minyak dari kulit kita sendiri.

Sejak Micellar Water menjadi tren, banyak orang salah mengartikan produk tersebut. Mereka mengira Micellar Water adalah satu-satunya pembersih praktis yang Anda butuhkan setelah menjalani rutinitas. Padahal, Anda tetap membutuhkan sabun cuci muka.

Di dalam proses membersihkan wajah, dikenal istilah double cleanse. Ini maksudnya, ada 2 tahap pembersihan wajah. Pertama adalah memakai produk pembersih wajah untuk mengangkat debu, kotoran dan makeup dari permukaan kulit. Lalu, tahap kedua adalah memakai produk pembersih yang mampu mengangkat sisa-sisa kotoran dan makeup hingga ke dalam pori-pori kulit.

Nah, Micellar Water adalah produk pembersih wajah tahap Setelah membersihkan wajah dengan Micellar Water, disarankan Anda membersihkan wajah dengan face wash atau sabun pencuci wajah.

“Anda dapat menggunakannya sebelum pembersih wajah karena akan menghilangkan makeup, kotoran, dan sejenisnya dengan lembut dan efektif, tetapi ingat, itu tidak termasuk bahan aktif lain seperti anti polusi, maupun mineral yang dapat memberi manfaat tambahan ke kulit,” kata Ciraldo.

Makeup removal praktis

“Produk ini digunakan terutama sebagai penghapus makeup. Micellar Water untuk menghapus makeup mata, bibir, dan wajah karena suspensi minyak menghilangkan residu makeup yang larut dalam minyak, termasuk makeup tahan air (waterproof),” kata Ciraldo. Apa yang membuatnya jauh lebih baik daripada penghilang makeup tradisional? Ini lantaran memakai Micellar Water tidak perlu menggosok kulit terlalu keras.

Toner lembut

Jika Anda salah satu yang tidak mencuci wajah di pagi hari dan memilih toner, maka dapat mempertimbangkan pakai micellar water sebagai pilihan pembersih wajah.

Karena Micellar Water dapat mengangkat kelebihan minyak, maka produk ini cocok bagi mereka yang ingin menyegarkan area / T-zone (seputar dahi dan hidung) yang cenderung lebih banyak mengandung sebum atau minyak berlebih, tanpa menggunakan alfa atau beta-hydroxy acids. Pada beberapa orang ada yang tidak cocok dengan produk skincare yang mengandung asam salisilat, glikolat, atau asam laktat. Zat tersebut pada beberapa orang bisa memicu pengelupasan kulit. Nah, bila Anda termasuk yang mengalami kondisi ini, maka memakai Micellar Water bisa bantu untuk mengurangi minyak berlebih di area T-zone tapi tanpa perlu alami pengelupasan kulit.

Memakainya setelah berolahraga

Imbauan membersihkan wajah sebelum atau sesudah berolahraga ternyata tidak mudah untuk dipraktikkan. Anda disarankan menghapus makeup sebelum dan sesudah berolahraga. Anda mungkin ingin menyegarkan wajah yang berkeringat, tetapi tidak ingin mencuci wajah terlalu sering atau terlalu keras menggosok kulit wajah.

“Kulit Anda mungkin lebih rentan terhadap iritasi sesaat setelah berolahraga, karena pori-pori wajah dalam kondisi terbuka,” kata dokter kulit Keira Barr, M.D.

Jadi, apa yang harus Anda lakukan? Micellar Water jadi pilihan yang tepat! Simpan sebotol kecil Micellar Water di dalam tas olahraga. Maka, Anda dapat menghapus makeup dan mengangkat minyak berlebih dari kulit wajah, sebelum dan sesudah berolahraga.

Produk ramah lingkungan

Kita semua perlu ikut mendukung gerakan peduli lingkungan. Salah satunya mengurangi pemakaian produk sekali pakai. Pertimbangkan beralih dari kapas ke kain pembersih wajah yang dapat digunakan kembali dan juga bisa menyerap Micellar Water dengan baik.