Memahami Makna Preventif dan Contoh Tindakan Pencegahan dalam Kehidupan Sehari-hari

Memahami Makna Preventif dan Contoh Tindakan Pencegahan dalam Kehidupan Sehari-hari

Preventif merupakan salah satu kata yang cukup populer dan sering didengar oleh masyarakat Indonesia. Sering dengar dengan istilah lebih baik mencegah dibanding mengobati? Nah, kalimat tersebut merupakan kalimat preventif. Secara garis besar, preventif berarti tindakan dalam mencegah sebuah hal yang negatif sebelum terjadi kejadian yang kurang menyenangkan.

Preventif sendiri bisa diterapkan dan digunakan untuk berbagai macm hal tertentu. Baik itu sebuah kejadian besar ataupun sepele. Hal kecil apapun memang wajib sekali untuk dicegah dibandingkan harus memperbaikinya. Maka dari itu, preventif memanglah hal yang paling penting dan dibutuhkan.

Memahami Makna Preventif dan Contoh Tindakan Pencegahan dalam Kehidupan Sehari-hari

Preventif bisa membantu kamu dalam menghindari segala kemungkinan terburuk yang bisa menimpa diri kalian. Kalian bisa menggunakan tindakan preventif demi mengurangi dampaknya. Tindakan preventif sendiri bisa dilakukan baik oleh individu maupun kelompok. Tindakan preventif bebas dilakukan sesuai dengan kepentingan dan keperluan masing-masing. Sebab pada dasarnya, preventif sendiri adalah hal yang posisif.

Preventif memiliki arti mencegah dari sebuah hal negatif yang akan menimpa diri kalian. Setelah mengetahui apa itu arti preventif, berikut ini beberapa contoh dari tindakan preventif yang wajib kamu ketahui:

1. Preventif yang bisa kamu lakukan adalah saat kalian memilih belajar yang rajin dan rutin baik di rumah maupun di sekolah demi mendapatkan nilai yang tinggi. Tindakan ini merupakan tindakan preventif dimana kalian bisa terhindar dari nilai-nilai jelek di sekolah. Dengan belajar yang rutin serta rajin, kamu akan lebih memahami materi pembelajaran di sekolah sehingga kedepannya kamu bisa mendapatkan nilai yang bagus.

2. Preventif yang kedua adalah ketika kamu memilih tidak membuang sampah sembarangan. Kamu justru membuang sampah ke tempat yang telah disediakan. Tindakan yang kamu lakukan ini adalah tindakan preventif demi tidak terjadinya banjir. Sebab, banjir sendiri terjadi karena penumpukan sampah di area yang terlarang seperti sungai ataupun aliran got. Dengan adanya tindakan preventif ini, kamu bisa menghindari terjadinya banjir.

3. Preventif lainnya adalah ketika kamu memilih menjauhi dan tidak pernah mencoba obat-obatan terlarang. Tindakan preventif ini tentu saja bisa berdampak positif kepada diri kamu sendiri dimana kamu tidak akan mengalami kecanduan terhadap narkoba dan tidak menerima efek negatif yang ditimbulkan karena narkoba merupakan hal yang berbahaya karena bisa menghancurkan hidup kamu hanya dalam sekejap.

4. Tindakan preventif sederhana lainnya adalah ketika kamu memilih rajin menyikat gigi secara rutin minimal 2 kali sehari dengan menggunakan pasta gigi. Tindakan ini merupakan tindakan preventif dimana kamu mencegah terjadinya kerusakan pada gigi yang ditimbulkan karena kuman. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari gigi berlubang, plak yang menumpuk, karang gigi dan masalah-masalah lainnya.

5. Preventif yang bisa kamu lakukan lainnya adalah ketika kamu memilih untuk menjaga pola hidup sehat seperti makan dan istirahat secara teratur. Tindakan preventif ini bisa menjaga tubuh kamu agar tetap fit dan sehat selalu. Dengan tindakan preventif ini, kamu akan jauh lebih kuat dalam melakukan aktifitas.

Saat ini memang banyak sekali kata-kata baru bermunculan seiring dengan perkembangan zaman. Kata preventif sendiri mungkin baru saja didengar dan diketahui oleh sebagian orang. Dari tadi kita sudah mencari tahu seperti arti kata preventif dan juga tindakan-tindakan preventif sebagai contohnya. Yang jadi pertanyaan, apakah kata preventif ini masuk ke KBBI atau tidak? Jawabannya https://crystalcave-online.com/ adalah iya!

Di Dalam kamus besar bahasa Indonesia, preventif  bersifat mencegah (supaya jangan terjadi apa-apa): aturan itu bersifat. Dari KBBI tersebut terlihat jelas jika preventif merupakan kata sifat atau adjectiva. Dari sini sudah dipastikan jika kata preventif sudah masuk ke dalam KBBI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.