Roboguru, Fitur Ruangguru Bikin Belajar Daring Seefektif Tatap Muka

Roboguru, Fitur Ruangguru Bikin Belajar Daring Seefektif Tatap Muka

Perkembangan teknologi di dunia sekarang ini berlangsung sangat cepat, baik dari sisi transportasi, telekomunikasi, dan tak terkecuali dunia pendidikan. Namun, pandemi yang melanda banyak negara mendesak seluruh pihak untuk beradaptasi dengan sistem pembelajaran secara virtual dengan memanfaatkan teknologi daring.

Menurut data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), penggunaan layanan digital di Indonesia mengalami pertumbuhan sekitar 37 persen, dan penetrasi internet kini sebesar 73,7 persen, dimana angka meningkat selama pandemi. Tentunya pembelajaran daring berkontribusi terhadap data tersebut.

Di era digital ini, kemampuan melakukan pembelajaran daring tentunya akan sangat berdampak positif bagi siswa. Namun, tentunya konsep pembelajaran jarak jauh masih menyisakan sejumlah tantangan terhadap proses belajar-mengajar.

Siswa perlu mewaspadai sejumlah bahwa hingga saat ini optimalisasi pembelajaran jarak jauh masih belum maksimal. Berbagai kendala bisa muncul seperti learning loss dan kurangnya hangatnya interaksi antara guru dan murid karena batasan-batasan pembelajaran jarak jauh.

Roboguru, Fitur Ruangguru Bikin Belajar Daring Seefektif Tatap Muka

Kemendikbudristek pun dalam menyampaikan bahwa ada perbedaan kualitas belajar tatap muka dengan pembelajaran jarak jauh.

“Studi menemukan bahwa pembelajaran di kelas menghasilkan pencapaian akademik yang lebih baik dibandingkan dengan PJJ,” papar Direktur Sekolah Dasar Kemendikbudristek, Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd.

Selain itu, dalam konsep pembelajaran jarak jauh waktu belajar sangat terbatas. Hal ini dapat membuat siswa kesulitan mengikuti kecepatan belajar dan tidak bisa bertanya apabila ada konsep yang belum jelas.

Dengan berbagai risiko tersebut, peran guru dalam pembelajaran tatap muka masih sangat krusial. Meskipun demikian, berbagai upaya dan inovasi telah diciptakan untuk memberikan hasil optimal bagi siswa dalam proses pembelajaran daring.

Atas dasar itu, Ruangguru dan Rans Cilegon hadir dengan inovasi terkini, Roboguru. Dengan Roboguru, Ruangguru menawarkan pengalaman belajar daring yang bisa seefektif pembelajaran tatap muka.

Roboguru sendiri merupakan fitur pemecah masalah yang membantu siswa menemukan jawaban atas pertanyaan mereka dan dapat diakses melalui 3 metode yaitu aplikasi ruangguru, laman roboguru ruangguru, serta WhatsApp 0815-7815-0000, secara gratis.

Roboguru dapat digunakan untuk menanyakan soal dari semua mata pelajaran dari berbagai jenjang (SD/SMP/SMA/UTBK&STAN). Siswa cukup mengunggah foto atau mengetik soal yang ingin ditanyakan dan memilih jenjang & mata pelajaran yang sesuai.

Pembahasan soal detail akan muncul dalam bentuk gambar, 10 rekomendasi soal-soal yang mirip, serta rekomendasi video pembahasan & rangkuman konsep mengenai materi terkait di aplikasi Ruangguru. Jika siswa belum mendapatkan jawaban yang sesuai, terdapat pilihan untuk posting soal sehingga Master Teacher Roboguru dapat membantu menjawab soal tersebut.

Tak hanya itu, di Roboguru juga terdapat forum tanya jawab soal dimana siswa bisa mengajukan pertanyaan dan menjawab soal yang diajukan siswa lainnya. Dengan begitu interaksi dalam mengerjakan soal akan lebih maksimal.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.