Sumber Pendapatan Negara dan Daerah beserta Contohnya

Sumber Pendapatan Negara dan Daerah beserta Contohnya

Negara maupun daerah memerlukan dana untuk bisa melangsungkan pembangunan dan berbagai hal lainnya yang bertujuan untuk kemakmuran rakyat. Negara dan daerah memiliki beberapa sumber pendapatan yang keberadaannya sudah diatur oleh undang-undang.

Tentu saja sumber pendapatan negara dan daerah ini tak hanya berasal dari satu sumber saja, sebut saja pajak. Namun juga berasal dari beberapa sektor yang saling melengkapi. Berikut sumber pendapatan negara dan daerah.

Sumber pendapatan negara dan daerah ini tak hanya berasal dari dalam negeri saja, namun terdapat juga sumber pendapatan yang berasal dari luar negeri yang nilainya juga cukup besar.

Dilansir https://crystalcave-online.com/ dari berbagai sumber, berikut sumber pendapatan negara dan daerah baik yang berasal dari dalam negeri maupun yang berasal dari luar negeri.

Sumber Pendapatan Negara dan Daerah beserta Contohnya

Sumber Pendapatan Negara

Setidaknya terdapat 3 sektor yang menjadi sumber pendapatan negara yang berasal dari dalam dan luar negeri.

Ketiga sumber pendapatan itu adalah sumber pendapatan pajak, sumber pendapatan bukan pajak, dan sumber pendapatan hibah yang berasal dari luar negeri.

1. Sumber pendapatan negara dari pajak

Sumber pendapatan dari pajak ini persentasenya adalah yang tertinggi jika dibandingkan dengan sumber pendapatan negara dari sektor yang lainnya.

Sumber pendapatan dari pajak menyumbang sekitar 80 persen dari total pendapatan negara.

Pendapatan negara dari pajak ini juga berasal dari banyak objek pajak. Contohnya, dari Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Penghasilan (PPH), Pajak Cukai, Pajak Bea Masuk dan juga Bea Keluar, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), dan pajak lainnya yang persentasenya jauh lebih kecil.

2. Sumber pendapatan negara bukan pajak

Selain pendapatan negara dari pajak, terdapat juga sumber pendapatan negara yang berasal bukan dari pajak atau yang lebih dikenal dengan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Meski pendapatan PNBP tidak sebesar pendapatan negara dari sektor pajak, namun tetap saja PNBP menjadi sumber penerimaan yang cukup penting bagi keberlangsungan sebuah negara.

PNBP ini juga berasal dari berbagai macam sektor. Sebut saja Sumber Daya Alam Minyak dan Gas, Sumber Daya Alam Nonminyak dan Gas, Pendapatan Kekayaan yang dipisahkan (berasal dari laba BUMN), Badan Layanan Umum, dan PNBP lainnya.

3. Sumber pendapatan negara dari hibah

Sumber pendapatan negara dari hibah menjadi salah satu dari sumber pendapatan negara. Berbeda dengan sumber pendapatan pajak dan nonpajak yang berasal dari dalam negeri, sumber pendapatan negara dari hibah ini kebanyakan berasal dari luar negeri.
Hibah merupakan pemberian dari pihak lain tanpa adanya kewajiban apa pun. Hibah ini bisa berasal dari dalam dan luar negeri, namun memang kebanyakan pendapatan hibah ini berasal dari negara luar.

Sumber Pendapatan Daerah

Sumber pendapatan daerah merupakan penerimaan yang berasal dari dalam wilayah atau daerah tertentu. Sama seperti sumber pendapatan negara, sumber pendapatan daerah juga banyak bertumpu pada pendapatan yang didapat dari pungutan pajak.

Sumber pendapatan daerah ini berasal dari beberapa sektor, yakni Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pendapatan Transfer, dan Pendapatan Lainnya yang Sah.

PAD sendiri terbagi menjadi 4 pokok, yakni pendapatan pajak daerah, retribusi daerah, pendapatan PAD lain-lain yang sah, dan pendapatan dan pengembalian.

Pendapatan transfer berasal dari pemerintah pusat berupa dana perimbangan, dana alokasi umum, dan juga dana alokasi khusus. Sementara itu pendapatan lain-lain yang sah berasal dari dana desa dan dana bagi hasil pajak.

Itulah sumber pendapatan negara dan daerah yang berada di Indonesia.